Thursday, April 4, 2013

FW: Gempa Tremor Guncang Kawah Sileri Dieng


 

 

Feed: Update News
Posted on: Friday, April 05, 2013 06:02
Author: Update News
Subject: Gempa Tremor Guncang Kawah Sileri Dieng

 

Metrotvnews.com, Banjarnegara: Meski aktivitas gempa di Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) menurun, sempat terekam adanya aktivitas gempa tremor di Kawah Sileri.

Kawah Sileri berada di kawasan Dieng tepatnya di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur atau sekitar 10 km dari Kawah Timbang.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono yang dihubungi dari Banjarnegara mengungkapkan kalau pada 08.05 hingga 08.49 WIB telah terjadi gempa tremor di Kawah Sileri. "Gempa tremor menunjukkan adanya aktivitas di kawah tersebut. Namun, apakah ada hubungannya dengan Kawah Timbang atau tidak, kami masih melakukan kajian. Yang jelas, dengan adanya gempa tremor menunjukkan adanya aktivitas di Kawah Sileri," jelas Surono, Kamis (4/4).

Menurutnya, untuk kegempaan di Kawah Timbang relatif lebih menurun. Pada jam 06.00 hingga 12.00 WIB hanya terekam satu kali gempa vulkanik dangkal. Secara visual, asap putih tebal tekanan lemah ketinggiannya mencapai 50-100 meter.

"Pengukuran gas masih belum dapat dilakukan, sebab di kawasan setempat hujan lebat. Yang jelas, sampai sekarang status Kawah Timbang masih siaga dan zona larangan pada radius 1 km," ujar Surono.

Mengenai Kawah Sileri, menurut Alif Rahman, warga Dieng Kulon, Kecamatan Batur, di sana belum pernah ada sejarah gas beracun. "Di Kawah Sileri biasanya hanya letupan dan tidak terlalu membahayakan. Itu beradasarkan pengalaman selama ini," tambahnya. (Liliek Dharmawan)


Editor: Agus Tri Wibowo


View article...

YOUR COMMENT