Tuesday, July 2, 2013

FW: Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari


 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Tuesday, July 02, 2013 18:51
Author: Wolipop
Subject: Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

 

Jakarta - Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan Anda dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Apa saja? Ini daftar keuntungan jika rajin makan apel yang bisa Anda dapatkan, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Menurunkan Kolesterol
Satu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini memblokir penyerapan kolesterol, membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai tenaga. Tidak menyimpannya hingga menumpuk di dalam tubuh.

2. Mengenyangkan Perut Tanpa Kalori Berlebih
Apel kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, tanpa Anda harus mengasup kalori terlalu banyak. Apel ukuran medium mengandung 95 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencernanya ketimbang gula atau nasi putih. Sehingga lebih lama memberikan efek perut terasa penuh.

3. Melangsingkan Tubuh
Makanlah apel bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Di dalam kulit apel terdapat ursolic acid, zat yang membantu mengurangi risiko obesitas. Ursolic acid berfungsi memperbanyak pembakaran kalori, sekaligus meningkatkan kekuatan otot.

4. Mencegah Masalah Pernapasan
Makan lima atau lebih apel dalam seminggu akan membuat fungsi paru-paru lebih baik. Apel memiliki antioksidan yang dinamaan quercetin yang terdapat di kulitnya. Antioksidan ini berkhasiat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyerang sistem pernapasan. Selain itu sebuah studi yang dilakukan pada 2007 menemukan, wanita yang rajin makan apel lebih kecil kemungkinannya memiliki anak yang menderita asthma.

5. Mengatasi Flu
Meskipun tidak sebanyak jeruk, apel juga mengandung vitamin C yang membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C di dalam apel lebih dari 8 miligram, yang mampu mencukupi kebutuhan harian hingga 14 persen.

6. Mencegah Kanker
Pada 2004, penelitian yang dilakukan di Prancis menemukan bahwa beberapa zat di dalam apel bisa membantu mencegah kanker usus. Sementara itu dalam studi di tahun 2007, Universitas Cornell menemukan, senyawa yang triterpenoids pada apel juga bisa mengurangi risiko kanker hati dan payudara.

7. Mengurangi Risiko Diabetes
Studi pada 2012 yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa apel, pir dan blueberry berkhasiat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Berkat kandungan antioksidan anthocyanins, yang memberi warna merah, ungu dan biru pada beberapa buah-buahan dan sayuran.

8. Meningkatkan Kekuatan Otak
Apel bisa membantu mempertajam daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer di usia senja nanti. Sebab apel membantu meningkatkan produksi acetylcholine, zat yang menghubungkan sel-sel syaraf sehingga bisa berfungsi dengan baik.

(hst/eny)

 

Browser anda tidak mendukung iFrame


View article...

Enclosures:

184856_redapple362.jpg (10 KB)
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/e/1/s/2e181bf6/l/0Limages0Bdetik0N0Ccontent0C20A130C0A70C0A20C11350C1848560Iredapple3620Bjpg/184856_redapple362.jpg

 

YOUR COMMENT