Friday, July 26, 2013

(26-07-2013) BeritaTerkini


Ahli: Nama George Kurang Keren Jul 26th 2013, 10:20

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Ahli nama asal Universitas Los Angeles mengkritik Pangeran William dan istrinya Kate Middleton, karena menamai putra mereka dengan nama George.

Menurut Albert Mehrabian, yang juga merupakan penulis buku best seller, mengenai nama dan bentuk lain dari komunikasi non-verbal, nama akan mempengaruhi bagaimana seseorang menilai orang lain. Nama George dinilai tidak terlalu atraktif, dibandingkan nama James.

"Jika itu saya, maka saya tidak akan memilih nama George," ujarnya seperti dilansir Tribunnews dari Asiaone.com, Jumat (26/7/2013).

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya nama George hanya mengantongi skor 36 persen nama yang dinilai atraktif, sementara James mengantongi skor sempurna yaitu 100.

Dalam kategori etika, nama George terkesan lebih etis dan peduli, akan tetap lemah memproyeksikan maskulinitas, sukses dan menyenangkan.

Walau demikian, Mehrabian yang merupakan profesor emeritus psikologi di UCLA, menilai secara pribadi tidak berpikir George adalah "pengap" nama, dan dia percaya keluarga kerajaan Inggris punya alasan sendiri menamai anak Pangeran William, George.

Sementara itu berdasarkan data yang dimiliki Nameberry.com, nama George paling populer digunakan di dunia.

"Kami benar-benar menyukai nama George," kata Pam Satran, pendiri situs penamaan bayi itu.

Baca Juga:

Nama Putra Pangeran William Berasal dari Tokoh Besar Dunia

Jersey Bayi Pangeran William dari Aston Villa

'The Royal Baby' Akhirnya Diberi Nama George Alexander Louis

Warga New York Jadi Pria Tertua di Dunia Jul 26th 2013, 10:18

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Guinness World Records menetapkan Salustiano Sanchez Blazquez, warga Kota New York, Amerika Serikat (AS), sebagai pria tertua di dunia dengan usia 112 tahun.

Blazquez, warga Grand Island, lahir pada 8 Juni 1901, di Spanyol. Ia menjadi pria tertua di dunia setelah pemegang gelar sebelumnya, Jiroemon Kimura dari Jepang, meninggal dunia pada 12 Juni 2013, di usia 116 tahun, demikian diberitakan Upi.com, Jumat (26/7/2013).

Namun, gelar tersebut menurut Blazquez adalah sesuatu yang biasa, karena ia merasa hanya kebetulan bisa hidup lebih lama daripada yang lain.

Ketika ditanya apa resep yang membuatnya lanjut usia, ia mengatakan dirinya sangat menikmati berkebun, memecahkan teka-teki silang, dan bermain remi gin di malam hari.

Sehari-hari, Blazquez mengaku rajin mengonsumsi pisang dan anacin. Gelar orang tertua di dunia versi Guinness masih dipegang Misao Okawa, warga Jepang, dengan usia 115 tahun. (*)

Baca Juga:

Pemerintah AS Tak Akan Sebut Pelengseran Morsi Sebagai Kudeta

Hari Ini FBI Berumur 105 Tahun

3700 Foto Marilyn Monroe Akan Dilelang Akhir Pekan Ini

2013, Tahun Penting Bagi Indonesia-Nigeria Jul 26th 2013, 10:03

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun 2013 dinilai oleh Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, adalah tahun yang sangat penting bagi hubungan diplomatik Indonesia-Nigeria.

"Apabila Februari 2013 lalu, Presiden RI baru saja mengadakan kunjungan kenegaraan ke Abuja (ibukota Nigeria), kali ini Menlu Nigeria berada di Jakarta dan November nanti Presiden Nigeria akan berkunjung ke Indonesia," ujar Marty dalam konferensi pers usai Pertemuan Sidang Komisi Bersama (SKB) RI-Nigeria di gedung Kemlu, Jakarta, Kamis (25/07/2013).

Menurutnya tahun ini merupakan momentum yang baik bagi kedua negara untuk saling meningkatkan kemitraan dan kerja sama.

"Baik di bidang ekonomi perdagangan, di bidang politik dan keamanan, di bidang penanggulangan ancaman transnasional, maupun hubungan antar masyarakat," katanya.

Hubungan dengan Nigeria, ucap Marty sangat penting bagi Indonesia, karena Nigeria diketahui merupakan negara berpengaruh di Afrika.

"Apabila kita dapat menjalin kerjasama erat dengan Nigeria artinya kita juga mampu menjalin hubungan yang erat dengan Afrika," ujarnya.

Menlu Nigeria Olugbenga Ashiru juga menyampaikan bahwa pertemuan kali ini adalah penting bagi kedua negara untuk mempererat kerjasama yang telah terjalin. Ditambah lagi, Nigeria melihat Indonesia tahun ini telah bertransformasi menjadi pemain penting di dunia.

"Indonesia adalah mitra yang kuat bagi Nigeria di berbagai fora Internasional," kata Olugbenga.

Untuk itu, lanjut Menlu Olugbenga, penting bagi Nigeria untuk menjalin kerjasama erat dengan Indonesia dan saling mendukung di berbagai fora Internasional. RI-Nigeria merupakan anggota Gerakan Non-Blok, G-77, D-8 dan OKI.

Baca Juga:

Menlu Marty Dapat Gelar Doktor HC dari Universitas Australia

Milisi Bersenjata Serang Sekolah di Nigeria, 21 Orang Tewas

Pemerintah Arab Saudi Kabulkan Perpanjangan Amnesti WNI

Pemimpin Oposisi Tunisia Tewas Ditembak Jul 26th 2013, 09:07

TRIBUNNEWS.COM, TUNIS - Seorang pemimpin oposisi Tunisia tewas ditembak oleh orang tidak dikenal di luar rumahnya di kota Ariana, Kamis (25/7/2013), waktu setempat.

Pembunuhan Mohammed Al-Brahmi terjadi selang beberapa bulan setelah pembunuhan politik oposisi lainnya yang menentang penguasa.

Al-Brahmi, merupakan anggota Parlemen Tunisia, dan pemimpin liberal Gerakan Populer. Ia ditembak saat ia tengah mengemudikan mobilnya tepat di luar rumahnya di Ariana, dekat ibukota Tunis, Tunisia. Seperti diberitakan oleh CNN, Jumat.

Pembunuhannya menuai aksi demonstrasi besar-besaran di Tunisa. Ribuan orang turun ke jalan-jalan dan menuntut keadilan di depan gedung Kementerian Dalam Negeri Tunisia.

Sebuah serikat buruh di Tunisia menyerukan pemogokan masal di seluruh Tunisia sebagai protes atas pembunuhan Al-Brahmi

Baca Juga:

Hatta Ali: Hakim Agung Ditembak, Itu Risiko

Pertanyakan Kasus Penembakan, Istri Tito Kei Sambangi Polda Metro

Mobil Anggota Dewan Aceh Timur Diberondong Tembakan

Warga AS Tewas dalam Kecelakaan Kereta di Spanyol Jul 26th 2013, 08:40

TRIBUNNEWS.COM, SANTIAGO DE COMPOSTELA - Setidaknya terdapat seorang warga negara Amerika Serikat (AS), yang tewas dalam kecelakaan kereta api di Spanyol, Rabu (24/7/2013).

Departeman Luar Negeri AS juga mengkonfirmasi lima warga negara AS lainnya terluka dalam insiden yang sama. Seperti diberitakan oleh Channelnewsasia.com.

Presiden AS, Barack Obama menyatakan dirinya terkejut mendengar berita tragis tersebut. Ia juga mengaku sedih, dan mengucapkan belasungkawa kepada para keluarga korban.

Sementara itu Pengadilan Tinggi Galicia, mengatakan masinis yang mengemudikan kereta api itu selamat dari kecelakan, dan saat ini tengah diperiksa di rumah sakit tempat dimana ia dirawat.

Mereka juga memastikan bahwa korban tewas dalam kecelakaan kereta tersebut berjumlah 80 orang, dan koban luka mencapai 178 orang termasuk 94 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Perusahaan kereta api Spanyol, Renfe mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan penyebab kecelakaan tersebut, namun beberapa media mengatakan bahwa kecepatan kereta itu dua kali di atas batas kecepatan ketika tergelincir dari relnya. (channelnewsasia.com)

Baca Juga:

Spanyol Berkabung Selama 3 Hari untuk Korban Kecelakaan KA

Korban Tewas Kecelakaan Kereta di Spanyol Melonjak Menjadi 77 Orang

Kereta Berkecepatan Tinggi Terguling Tewaskan 60 Penumpang

Bekas Perdana Menteri Mesir Serukan Perlawanan   Jul 26th 2013, 08:27

TEMPO.CO, Kairo - Bekas Perdana Menteri Mesir di masa pemerintahan Mohamed Mursi, Hisham Qandil, mendesak pendukung Ikhwanul Mulsimin melakukan perlawanan dan menolak enam poin solusi politik di Mesir.

Dalam sebuah siaran video yang diudarakan pada Kamis, 25 Juli 2013, Qandil mengutuk seruan Panglima Angkatan Bersenjata Mesir, Jendeal Abdel Fattah al-Sisi, agar seluruh rakyat Mesir turun ke jalan dan mendukung aksi Jumat melawan kekerasan dan terorisme.

"Seluruh retorika di media akan segera berakhir dan meminta kepada rakyat Mesir menghindari penumpukan massa, unjuk rasa, atau demonstrasi." Kata Qandil. "Pemerintahan sementara membutuhkan suasana jernih."

Sebelumnya, pada Kamis, 25 Juli 2013, Perdana Menteri sementara Hazem el-Beblawi mengatakan bahwa eskalasi kekerasan telah menjadi perhatiannya. "Di sana ada senjata, intimidasi, dan ketakutan khususnya ketika dua kelompok penentang dan pendukung Mursi berhadapan."

Dalam berbagai pernyataan yang diunggah melalui siaran video, Qandil meminta agar seluruh tahanan pendukung Mursi dibebaskan, menghentikan proses peradilan, dan pembekuan aset para tahanan. Qandil juga menyerukan agar dilakukan investigasi terhadap kematian sejumlah pendukung Mursi saat demonstrasi di Gedung Pengawal Republik pada 8 Juli 2013.

Di samping itu, dia meminta ada utusan yang bisa mengunjungi Mursi guna memeriksa kesehatannya karena hingga saat ini Mursi ditahan di sebuah tempat yang tak diketahui. "Saya percaya kepada semua elemen yang ada, jika diimplementasikan dengan cepat, akan kian jelas suasananya."

AL JAZEERA | CHOIRUL

Baca juga:

KPK Tangkap Pengacara Kondang

Anggita Sari: Saya Ibarat Pemanis di Kasus Freddy

Keponakan Hotma Sitompoel Ditangkap KPK

 

Soal Kaesong, Korut Sebut Korsel Arogan Jul 26th 2013, 08:27

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Korea Utara (Korut), menilai Korea Selatan (Korsel) telah bersikap arogan ketika membicarakan nasib kawasan industri kedua negara, Kaesong.

Korut juga menuding Korsel menggunakan taktik menunda dengan menuntut pihaknya sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penutupan kawasan Kaesong pada April lalu.

"Utara berusaha mencegah pembicaraan ini tidak membuahkan hasil apapun, tetapi selatan bersikeras dan berdiri arogan mendorong pembicaraan ke titik kebuntuan," kata kantor berita pemerintah Korut, KCNA.

"Selatan tidak bisa melepas tanggungjawab atas semua yang terjadi dan ditimbulkan dari pembicaraan yang mencapai kebuntuan," sebut berita tersebut.

Pembicaraan keenam dan terakhir diantara kedua belah pihak terkait kawasan Kaesong terjadi Kamis kemarin.

Pada akhir pembicaraan, kepala delegasi Utara Pak Chol-Su mengatakan militer Korut kemungkinan akan kembali menduduki kawasan hingga kedua belah pihak menyepakati sejumlah solusi.

Sementara Selatan membantah tudingan Utara, dan meminta Utara mengubah sikapnya dan berjanji tidak akan lagi melakukan penutupan kawasan Kaesong. (channelnewsasia.com)

Baca Juga:

Korut dan Korsel Lanjutkan Dialog Kaesong ke Enam

Dialog ke-5 Kaesong Dimulai Hari Ini

Korut Selundupkan 2 Pesawat Tempur Dengan Kapal

Jumat Ini, Mesir Digempur Demo Besar   Jul 26th 2013, 08:18

TEMPO.CO, Kairo - Jumat ini, 26 Juli 2013, pendukung dan penentang presiden terguling Mohamed Mursi menggelar demonstrasi besar-besaran di berbagai kota di Mesir. Hal inimenyusul seruan Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, agar seluruh rakyat Mesir keluar rumah menunjukkan dukungannya pada pemerintahan sementara.

Sebelumnya, pada awal pekan ini, Jenderal Sisi selain meminta rakyat Mesir turun ke jalan pada Jumat, 26 Juli 2013, juga mendesak masyarakat agar memberikan mandat kepada militer dan kepolisian untuk menumpas kekerasan dan terorisme. Dalam hal ini terorisme mengacu kepada kelompok Ikhwanul Muslimin, pendukung Mursi.

Banyak orang diharapkan bergabung dengan ribuan pendukung Mursi pada Jumat, 26 Juli 2013, ini guna memprotes kudeta militer terhadap presiden hasil pemilihan tahun lalu. Ikhwanul Muslimin, basis utama Mursi, meminta kepada pendukungnya memadati seluruh jalan-jalan di Mesir untuk menyampaikan aspirasinya.

Sejak bentrok antara pendukung dan penentang Mursi dalam sebulan ini, korban tewas mendekati angka 200 orang. Hampir seluruhnya adalah pendukung Mursi.

Guna mengatasi kekerasan dan ancaman perang sipil yang dilancarkan Ikhwanul Muslimin, angkatan bersenjata Mesir mengancam akan bertindak keras terhadap para perusuh.

"Kami tidak berinisiatif mendahului, tetapi kami pasti bertindak keras melawan kekerasan atau terorisme hitam dari para pemimpin Ikhwan atau pendukungnya," kata seorang pejabat militer yang tak bersedia disebutkan namanya kepada kantor berita Reuters.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Baca juga:

KPK Tangkap Pengacara Kondang

Anggita Sari: Saya Ibarat Pemanis di Kasus Freddy

Keponakan Hotma Sitompoel Ditangkap KPK

Tanah Longsor Kubur Sembilan Orang di China Jul 26th 2013, 07:57

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Sembilan orang terkubur dan empat orangnya hilang akibat tertimbun tanah longsor di sebuah provinsi di China, Jumat (26/7/2013).

Seperti dilansir Tribunnews dari Xinhua, setidaknya ada dua bencana longsor di provinsi Gansu, provinsi yang sama ketika gempa kembar melanda beberapa hari lalu yang menewaskan sedikitnya 95 orang.

Gempa yang tercatat berkekuatan 5,9 dan 5,6 skala richter, juga menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Tanah longsor terakhir terjadi akibat hujan deraas yang turun terus-menerus selama beberapa hari terakhir. Hujan dilaporkan juga memicu terjadinya banjir bandang.

Banjir bandang yang terjadi di provinsi Shaanxi telah menewaskan 14 orang sejak 18 Juli 2013 kemarin.

Baca Juga:

Pengungsi Korban Longsor Bedungan Alam Way Ela Butuh Makanan Bayi

Korban Longsor Masih Bertahan di Rumah

Jalan tertutup, 1 rumah tertimbun

Putra Pangeran William Akan Digila-gilai Wanita Saat Dewasa Jul 26th 2013, 06:13

Laporan Wartawan Tribunnews.com Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, HONG KONG - Calon Raja Inggris yang baru saja dilahirkan, putra dari Pangeran William dan Kate Middleton, diramalkan akan tumbuh sebagai pribadi tertutup, namun menjadi magnet bagi kaum hawa.

Menurut seorang peramal ternama China, Mak Ling-ling, hal itu ia ketahui berdasarkan waktu kelahiran George Alexander Louis, yaitu pada pukul 16.24 waktu setempat di hari Senin.

Ia mengatakan, George lahir di bulan keenam Tahun Ular, dan akan menemukan cinta sejatinya di luar negaranya, Inggris.

"Ia harus pergi ke luar negeri, mungkin mewakili tentara atau pergi ke sekolah asrama. Dia juga akan menemukan hubungan romantis di luar negeri. Pernikahannya akan terjadi pada usia 30 dan 35 tahun," katanya.

"Dia adalah seorang pemikir introvert dan cukup orang pendiam. Ia akan mencapai keselarasan dengan saudara-saudaranya," lanjutnya.

Au Chung-Tak, seorang ahli feng shui yang tinggal di Hong Kong, mengemukakan ramalan yang serupa. Menurutnya saat dewasa George akan 'digila-gilai' oleh wanita.

"Jika dia ingin stabil (dalam pernikahan) dia jangan tinggal dekat dengan air. Sebaliknya, ia harus hidup dekat dengan pohon," kata Au.

Menurut feng shui, kata Mak, bayi Pangeran William dan istri Kate berlemen bumi yang kuat hingga membuatnya menjadi sosok yang keras kepala.

"Dia keras kepala karena ia memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Dia akan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya dengan ketahanan yang besar," tuturnya. (asiaone.com)

Baca Juga:

Rahmad Darmawan Sampai Andik Vermansah Sanjung Chelsea

Keluar dari RS, Pose Kate Mirip Putri Diana

Ilmuwan Inggris Bikin Baterai Ponsel dari Urine

3700 Foto Marilyn Monroe Akan Dilelang Akhir Pekan Ini Jul 26th 2013, 05:00

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, LOSANGELES - Lebih dari 3.700 foto Marilyn Monroe, ikon pop Amerika Serikat (AS), akan dijual bersama dengan hak ciptanya, akhir pekan ini.

Penjualan foto artis yang pernah menyandag status 'bomb sex' era 1950-an itu, dilakukan oleh sebuah rumah lelang Los Angeles.

Dengan membeli hal cipta foto-foto tersebut, maka pembeli bisa mencetak, menjual dan mendapatkan royalti dari foto-foto tersebut. Foto-foto itu, akan dilepas ke publik pada Sabtu (27/7/2013), pekan ini.

Diantara foto Monroe yang akan dilelang, memperlihatkan wanita berambut pirang itu tengah mengenakan dress berwarna hitam, dan sarung tangan berwarna hitam, di depan layar berwarna hitam.

Seluruh foto-foto, negatif film, slide dan hak cipta dari foto-foto Marilyn Monroe itu merupakan bagian dari 75 ribu foto, yang diambil oleh fotografer fashion Milton Greene. Ribuan foto itu, hasil karyanya pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Greene dan Monroe bertemu di tahun 1953 di sebuah pemotretan untuk majalah Look.

Ketika Greene mengirimkan salinan gambar, Monroe membalasnya dengan mengirimkan dua lusin mawar dan mengucapkan terimakasih kepadanya. Menurut Marilyn, foto hasil jepretan kamera Green, adalah paling indah yang pernah dilihatnya.

Selama empat tahun berikutnya, hingga Monroe menikahi Arthur Miller, Greene telah memfotonya sebanyak 5.000 buah.

Selain untuk mejalah Look, Greene juga sempat bekerja untuk majalah Vogue, Glamour dan Harper Bazaar. (asiaone.com)

Baca Juga:

Bush Tampil Botak demi Seorang Bocah Leukimia

AS Tunda Pengiriman Empat Pesawat F-16 ke Mesir

Inilah Planet yang Benar-benar Dapat Dihuni Manusia

PM Spanyol Berkabung Selama 3 Hari untuk Korban Kecelakaan KA Jul 26th 2013, 04:39

3 Tugas Utama Pangeran Harry untuk Bayi George Jul 26th 2013, 00:23

TEMPO.CO, London - Pangeran Harry mengatakan bertugas memastikan keponakannya yang lahir Senin lalu, George Alexander Louis, bahagia. Adik Pangeran William, ayah dari George, ini mengatakan telah menggendong anak Kate Middleton itu.

"Memastikan bahwa dia dibesarkan dengan baik dan menjaganya dari hal-hal yang membahayakan dan memastikan bahwa dia bahagia," kata Harry mengenai misinya sebagai paman, seperti dikutip situs BBC edisi 25 Juli 2013. "Sisanya, saya akan serahkan kepada orangtuanya."

Pangeran Harry yang kini menduduki posisi keempat sebagai pewaris tahta kerajaan Inggris mengatakan hal tersebut dalam kunjungannya ke pameran foto di London. Kegiatan ini berisi pameran dokumentasi kegiatannya selama di Afrika bersama lembaga sosial Sentebale. Kegiatan sosial ini membantu anak-anak di Lesotho, yang yatim piatu akibat endemik HIV/Aids.

Pangeran berusia 28 tahun itu juga sempat mengutarakan candaan mengenai keponakannya yang bergelar George of Cambridge itu. "Saya hanya berharap kakak saya tahu betapa mahalnya biaya pengasuhan yang saya lakukan."

George of Cambridge menjadi pewaris urutan ketiga tahta kerajaan Inggris. Pangeran William dan istrinya Kate Middleton yang bergelar Duke of Cambridge dan Duchess of Cambridge meninggalkan rumah sakit dengan anak mereka pada Selasa sore waktu setempat. Mereka sempat bermalam di Kensington Palace.

Ratu Elizabeth menghabiskan waktu 30 menit dengan cicit barunya Kamis lalu. Sumber di Buckingham Palace pada Selasa malam mengungkapkan bahwa sang ratu 'senang' dengan kehadiran cicit keempatnya itu.

Orangtua Pangeran George meninggalkan Kensington Palace segera setelah kunjungan ratu. Mereka langsung menuju kediaman orang tua Kate Middleton, Michael dan Carole Middleton di Blucklebury, Berkshire. Pangeran William pun mendapatkan cuti atas kelahiran anaknya itu selama dua pekan sebelum kembali bekerja di Anglesey sebagai seorang RAF search dan rescue pilot. (Baca Lengkap: Bayi George Alexander)

BBC | ARBA'IYAH SATRIANI

Terhangat:

Front Pembela Islam | FPI  | Bisnis Yusuf Mansur | Aksi Chelsea di GBK

Berita Terkait

Nama George Alexander 'Royal Baby' Dinilai Klasik 

Makna di Balik Nama Anak William-Kate

Pangeran George, Nama Anak William-Kate

Range Rover, Mobil Perdana 'Royal Baby'  

YOUR COMMENT