Wednesday, July 31, 2013

Dell Bikin PC Seukuran Jempol - BeritaTerkini


TEMPO.CO, Jakarta--Tablet dan ponsel pintar memang sedang merajai perangkat kerja. Desktop dan laptop sedang terjun penjualannya. Namun bukan berarti tak ada inovasi. Raksasa komputer Dell Computer kali ini akan membesut PC dengan ukuran satu ibu jari. PC yang bentuknya seperti USB stick ini kini tengah dalam uji. Dalam demonya, Ophelia bisa dijalankan di layar 19 inci dan 55 inci.

Proyek yang dinamai Ophelia ini nantinya akan membuat PC mini ini bisa masuk kantong. Ophelia nantinya akan bisa dihubungkan dengan layar melalui port HDMI, game ataupun media player.

Dengan Ophelia, pengguna bisa menjalakan aplikasi, bermain game, menonton film atau mengakses file yang disimpan secara cloud. Ophelia rencananya akan berjalan dengan sistem operasi Andorid. Menurut Juru Bicara Dell, perangkat ini juga dilengkapi dengan koneksi wifi dan bluetooth.

Ophelia ini nantinya akan dibandrol seharga US$ 100 atau sekitar Rp 1 juta. Dengan harga yang miring, tentu Ophelia tak akan menawarkan kinerja yang buas.

Dell berharap Ophelia bisa jadi alternatif PC ditengah gerogotan ponsel pontar dan tablet. Menurut analis dari firma riset Pund IT, Charles King, kelebihan Ophelia adalah portabilitasnya. "Ini PC yang bisa masuk ke saku anda," ujarnya, Kamis pekan lalu.

Ophelia, menurut King, bisa menjadi alternatif kalangan korporat yang hendak banting stir dari Windows.

Bagi kalangan koprorat, Dell juga akan menciptakan fitur enterprise yang membedakannya dengan perangkat Android biasa. Salah satu fitur enterprise ini misalnya, administrator IT bisa mengelola dan mengamankan jika Ophelia dicuri.Sama seperti ponsel jika dicuri, maka admin bisa mematikan Ophelia dan menghapus data di dalamnya.

Dell akan menjual Ophelia secara online dan menggandeng operator nirkabel. Rencananya produk ini akan dikapalkan pada kuartal ketiga, sekitar Agustus-Oktober.

PC WORLD | NUR ROCHMI

 

YOUR COMMENT