Sunday, July 28, 2013

(28-07-2013) Meski Masih Nomor Satu, Pangsa Pasar Apple iPad Mencapai Titik Terendah - BeritaTerkini


Meski Masih Nomor Satu, Pangsa Pasar Apple iPad Mencapai Titik Terendah Jul 28th 2013, 15:34

Sejak Steve Jobs pertama kali memperkenalkan Apple iPad di tahun 2010, pangsa pasar global untuk kategori tablet dikuasai oleh tablet iOS itu. Meski memang bukan tablet pertama, namun iPad merupakan pembangkit populernya tablet PC, hingga diikuti oleh OS lain seperti Android dan Windows.

Di kuartal kedua tahun ini, iPad masih menguasai pangsa pasar tablet dengan angka 35,5 persen menurut TrendForce. Namun ini merupakan titik terendah dalam dominasi mereka di pasar tablet. Penjualan iPad di kuartal ketiga (kuartal ketiga menurut tahun fiskal Apple) ini mencapai 14.6 juta, turun dari angka 17 juta di periode yang sama. Untuk kuartal keempat tahun fiskal Apple, diperkirakan angkanya akan menurun di bawah 10 juta unit.

Meski demikian tetap saja gabungan peringkat 2 sampai 5 (Samsung, Asus, Acer, Amazon) belum bisa mengalahkan pangsa pasar dan unit terkapalkan Apple iPad. Namun ancaman tablet-tablet Android semakin terasa, terlebih lagi beberapa hari lalu Google baru mengumumkan Nexus 7 generasi kedua. Apple bisa meraih kembali pangsa pasar yang hilang, caranya adalah dengan pengenalan dan peluncuran iPad generasi 5 dan iPad Mini generasi 2.

YOUR COMMENT