Monday, July 1, 2013

FW: Ini Alasan Ngemil Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Monday, July 01, 2013 14:16
Author: Wolipop
Subject: Ini Alasan Ngemil Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

 

Jakarta - Diet untuk turunkan berat badan, bukan berarti Anda dilarang ngemil. Camilan justru penting untuk menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah Anda makan berlebihan. Mengapa camilan baik untuk diet dan makanan apa saja yang sehat untuk dikonsumsi?

1. Metabolisme Tubuh Lebih Baik
Menurut sejumlah penelitian, layaknya mengisi ulang baterai ponsel, makan tiga kali sehari ditambah dua atau tiga snack di antara jam makan akan membuat metabolisme tubuh berjalan lebih efisien. Metabolisme yang baik akan menjaga berat badan tetap ideal bahkan membantu menurunkannya jika berlebih.

"Ngemil membantu tubuh Anda membakar sedikit lebih banyak kalori," ujar Stephen Gullo, seorang psikolog dan spesialis pengontrol berat badan di New York City, seperti dikutip dari Real Simple. Sementara Keri Glassman, seorang pakar diet dan penulis buku 'The Snack Factor Diet' mengibaratkan metabolisme seperti api di dalam perut yang Anda hidupkan setiap pagi. Makan sedikit makanan, akan berfungsi sebagai 'bensin' yang membuat api menyala lebih besar (untuk membakar lemak dan kalori). Tapi kebutuhan ngemil ini berbeda pada setiap orang.

"Bagi beberapa orang, butuh ngemil setiap 2,5 jam. Untuk yang lainnya, bisa 3,5 jam sekali," tutur Keri. Intinya, jangan sampai membiarkan energi Anda habis total atau beraktivitas dengan perut kosong dalam waktu karena bisa membuat perut terasa sangat lapar, hingga akhirnya Anda kalap dan makan berlebihan.

2. Membantu Makan Lebih Sedikit Saat Jam Makan Utama
"Anda lebih baik makan dua kali camilan di antara pukul dua siang dan tujuh malam, ketimbang menahan lapar hingga makan malam. Sebab jika menunggu hingga malam Anda berpotensi makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan karena kelaparan," saran Sara Ryba, pakar diet dari Scarsdale, New York.

Para pakar diet juga menyarankan untuk makan camilan yang tak lebih dari 100-200 kandungan kalorinya. Pastikan mengonsumsi camilan yang mengenyangkan yang mengandung protein, karbohidrat, sedikit lemak dan protein. Bukan junkfood, karena umumnya hanya kalori yang tinggi tapi miskin nutrisi. Misalnya sandwich dengan isian tuna dan sayuran, yoghurt dan buah segar, apel dioles selai kacang, kacang-kacangan panggang atau buah kering.

3. Mendapatkan Tambahan Nutrisi
Ngemil sehat bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral setiap hari, yang tidak didapatkan dari makanan utama. Marisa Moore, ahli diet dari American Dietetic Association mengatakan, konsumsilah camilan yang kaya gizi. Misalnya yoghurt rendah lemak atau kacang almond kaya akan protein, serat serta kalsium. Sementara ngemil sebutir apel bisa memenuhi kecukupan antioksidan per harinya.

(hst/hst)

 

Browser anda tidak mendukung iFrame


View article...

Enclosures:

141445_womaneating.jpg (10 KB)
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/e/1/s/2e061094/l/0Limages0Bdetik0N0Ccontent0C20A130C0A70C0A10C8490C1414450Iwomaneating0Bjpg/141445_womaneating.jpg

 

YOUR COMMENT