Tuesday, July 23, 2013

(23-07-2013) BeritaTerkini


Lim Bakar Diri Tahu Istrinya Selingkuh dengan Perempuan Jul 23rd 2013, 09:22

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Seorang pria berusia 50 tahun membakar dirinya sendiri setelah ia mengetahui bahwa istrinya tersebut terlibat asmara dengan seorang wanita.

Menurut laporan polisi, pria itu tinggal bersama istri, orangtua, saudara, dan ketiga anaknya di sebuah apartemen di Pandan Heights, Ampang, Selangor, Malaysia, bersama orang tuanya dan saudara lain ketika insiden itu terjadi Senin (22/7/2013), pukul 21.30 waktu setempat.

Korban diketahui memiliki nama keluarga Lim, dan ia sudah menikah selama 18 tahun dengan istrinya, dan dikaruniai tiga orang anak.

"Putranya yang tertua tengah berselancar di internet di kamarnya ketika ia mendengar jeritan ibunya. Dia bergegas keluar dari kamarnya dan melihat ayahnya terbakar dan berusaha memadamkan api menggunakan air dari kamar mandi. Sejumlah tetangganya juga coba membantunya," ujar OCPD Ampang Jaya, Asst Comm Amiruddin Jamaluddin, seperti dikutip dari Asiaoen.com.

Amiruddin mengatakan putra tertua pria itu, dalam pemeriksaan menyatakan dirinya meyakini ayahnya berusaha membunuh dirinya sendiri.

Polisi menemukan jelaga di depan toilet yang rusak.

Mereka tidak menemukan tanda-tanda adanya kekerasan fisik, maupun catatan bunuh diri.

Pria itu saat ini tengah dirawat di bagian gawat darurat Rumah Sakit Ampang bersama istrinya, yang juga mengalami luka bakar di kakinya.(asiaone.com)

Baca Juga:

Empat Daerah di Malaysia Tidak Sehat karena Asap Indonesia

Aswar Tabrak Istri karena Ketahuan Berselingkuh

Selama Ramadan Muslim di Malaysia Tak Boleh Masuk Restoran

Kecelakaan Bus di Thailand Tengah, 19 Orang Tewas Jul 23rd 2013, 09:12

TEMPO.CO, Bangkok - Tabrakan antara sebuah bus dengan truk di Provinsi Saraburi, Thailand tengah, pada Selasa dini hari waktu setempat, 23 Juli 2013, menyebabkan 19 orang tewas dan melukai 20 orang lainnya.

Bus pariwisata bertingkat--yang sedang melakukan perjalanan dari Bangkok menuju Roi Et di tenggara Tahiland--menurut sejumlah laporan, tampak mengepulkan asap ke udara usai insiden tabrakan.

Hingga saat ini, belum ada informasi yang jelas berapa jumlah penumpang yang ada di dalam bus saat persitiwa tabrakan itu terjadi. Aparat kepolisian setempat masih melakukan olah TKP.

"Seluruh korban tewas merupakan penumpang bus," tulis koran Nation.

Adapun koran Bangkok Post melaporkan, peristiwa kecelakaan itu berlangsung pada pukul 05.00 waktu setempat (22.00 GMT), Selasa, 23 Juli 2013, ketika truk tiba-tiba berbelok arah ke jalan raya sehingga menghantam bus.

"Truk melintas dari arah berlawanan dan menghantam bus," kata pejabat kepolisian setempat, Letnan Kolonel Assavathep Janthanari, seperti dikutip kantor berita AFP. "Polisi, kini, menahan sopir truk."

BBC | CHOIRUL

 

Baca juga:

Beredar Video FPI Merusak Toko di Makassar

FPI: SBY yang Harus Menahan Diri

Tifatul Sembiring: Tempo Lebay

Persoalkan Blusukan Jokowi, Ini Maksud FITRA

Data Satelit NEA: Waspadai Hotspot di Sumatera   Jul 23rd 2013, 09:11

TEMPO.CO, Singapura - Singapura kembali memperingatkan warganya terhadap kembalinya kabut akibat kebakaran hutan di Indonesia, sebulan setelah kualitas udara di negara itu mencapai tingkat berbahaya. National Environment Agency (NEA) memperingatkan bahwa data satelit menunjukkan "peningkatan jumlah hotspot di Sumatera", dengan lebih dari 250 titik dihitung pada hari Minggu dan Senin.

Kepala NEA, Ronnie Tay, telah menghubungi pihak berwenang Indonesia untuk menyatakan keprihatinan Singapura dan menawarkan bantuan dalam mengatasi masalah ini. "NEA mendesak Indonesia untuk mengatasi kebakaran di sana dan segera mengambil tindakan," kata Badan itu dalam sebuah pernyataan.

Dia menawarkan bantuan dalam mendeteksi dan menekan kebakaran hutan, serta penggunaan pesawat untuk membantu dalam operasi penyemaian awan yang bertujuan untuk menciptakan hujan.

"Jakarta telah meyakinkan Singapura bahwa sejumlah langkah untuk memantau situasi dan mengambil tindakan demi menekan kebakaran telah dilakukan," kata badan itu dalam sebuah pernyataan.

Kabut dari kebakaran hutan di Pulau Sumatera kebanyakan mempengaruhi provinsi Riau, Malaysia, dan Singapura. Biasanya kabut menyergap selama bulan-bulan kering Juni sampai September. Kebakaran disebabkan karena pembakaran hutan ilegal untuk membersihkan lahan dengan cara yang murah untuk perkebunan.

Indeks Polutan Standar Singapura memuncak di angka 401 pada tanggal 21 Juni, sementara ambang batas berbahaya adalah 300. Warga diimbau waspada jika sewaktu-waktu indeks memburuk lagi.

NEWS.COM.AU | TRIP B

Topik Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Berita Terkait

Satelit Deteksi 173 Titik Api di Riau

Kabut Asap Landa Riau, Tiga Penerbangan Tertunda

Indonesia Siap Ratifikasi Perjanjian Asap

Empat Daerah di Malaysia Tidak Sehat karena Asap Indonesia Jul 23rd 2013, 09:10

TRIBUNNEWS.COM, PETALINGJAYA - Kabut asap kembali menyelubungi wilayah Lembah Klang, Putrajaya, Pahang dan Johor, Malaysia, Selasa (23/7/2013).

Departemen Meteorologi Malaysia, kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan di pulau Sumatera, Indonesia, diperkirakan akan menyebar jauh hingga ke daerah pedalaman dalam beberapa hari ke depan.

Direktur Departemen Meteorologi Malaysia, Muhammad Helmi Abdullah mengatakan visibilitas di Lembah Klang telah berkurang tajam dalam sehari belakangan. Visibilitas di Bandara Internasional Kuala Lumpur di Sepang juga menurun menjadi 2.5km, Senin sore.

"Sementara ini beberapa daerah di Petaling Jaya dan Subang mengalami berkurangnya visibilitas sampai 3 dan 4 km masing-masing," katanya seperti diberitakan oleh Asiaone.com.

Pada pukul 17.00 di hari Senin, Indeks Polusi Udara di empat daerah berada di tingkat tidak sehat. Keempat daerah itu adalah Bukit Rambai di Malaka (119), Banting di Selangor (110), Muar di Johor (103) dan Cheras di Kuala Lumpur (110).

Sementara untuk kota Malaka, dan Port Klang Indeks Polusi Udara berada di ambang tidak sehat yaitu 99, 96 dan 94. (asiaone.com)

Baca Juga:

Tiga Penerbangan di Pekanbaru Ditunda Akibat Kabut Asap

Kabut Asap Kembali Landa Pekanbaru

Ada 261 Titik Api di Sumatera

Hizbullah Masuk Daftar Teroris, AS Puji Uni Eropa Jul 23rd 2013, 09:06

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS), memuji langkah Uni Eropa (UE) yang memasukkan sayap militer Syiah Lebanon, Hizbullah ke dalam buku hitam terorisme.

"Uni Eropa mengirimkan pesan yang kuat kepada Hizbullah bahwa mereka tidak dapat beroperasi dengan imunitas, dan bahwa ada konsekuensi atas tindakannya," ujar Menteri Luar Negeri AS, John Kerry seperti dilansir Tribunnews dari Xinhua, Selasa (23/7/2013).

"Dengan itu, maka akan memberikan dampak yang signifikan pada kemampuan Hizbullah untuk beroperasi secara bebas di Eropa, dimana memungkinkan lembaga penegak hukum Eropa untuk menindak penggalangan dana Hizbullah, aktivitas logistik dan rencana teror di tanah Eropa," katanya.

Amerika Serikat dan Israel, telah memberikan label Hizbullah sebagai kelompok teroris, dan telah meminta Eropa untuk memasukkan mereka ke dalam daftar hitam.

Pekan lalu, Pemerintah Lebanon mendesak Brussels tidak memasukkan Hizbullah ke dalam daftar hitam, karena Hizbullah merupakan bagian dari komponen penting masyarakat Lebanon.

Baca Juga:

Uni Eropa: Hizbullah Itu Teroris

Milisi Hizbullah Perangi Pemberontak Suriah di Libanon

Hizbullah Ancam Turun Tangan dalam Perang Suriah

Uni Eropa: Hizbullah Itu Teroris Jul 23rd 2013, 08:37

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Pemerintah Iran mengutuk keputusan Uni Eropa untuk menggolongkan kelompok milisi bersenjata Lebanon, Hizbullah ke dalam daftar hitam terorisme.

Seperti dilansir Tribunnews dari Reuters, Iran menilai langkah itu bertentangan dengan norma-norma politik dan hukum yang berlaku, sehingga tidak dapat diterima. Hizbullah didirikan dengan bantuan dana dari Iran sekitar tiga dekade yang lalu dan bersama dengan Suriah merupakan bagian dari persekutuan. Teheran memposisikan Hizbullah sebagai garis depan dalam perang melawan Israel.

Di bawah tekanan Inggris dan Belanda, Uni Eropa memasukan Hizbullah ke dalam daftar hitam kelompok teroris, setelah mereka terlibat dalam pemboman bus di Bulgaria dan menewaskan sedikitnya lima orang warga Israel. Selain itu Hizbullah mengirimkan ribuan anggotanya untuk membantu Presiden Suriah Bashar al-Assad memerangi kelompok pemberontak di Suriah.

Banyak negara anggota Uni Eropa sebelumnya menolak lobi yang dilakukan Amerika Serikat (AS), dan Israel untuk melabelkan Hizbullah sebagai kelompok teroris, karena akan menyulut ketidakstabilan di Timur Tengah, terutama di Lebanon.

"Ini dilakukan dengan arahan beberapa anggota berpengaruh Uni Eropa dan bertentangan dengan semua norma politik dan hukum, mengejutkan dan tidak dapat diterima," ujar Pemerintah Iran dalam pernyataan, Selasa, (23/7/2013).

"Tindakan ini akan bermanfaat bagi rezim zionis yang tidak sah dan pendukungnya," katanya.

Baca Juga:

Milisi Hizbullah Perangi Pemberontak Suriah di Libanon

Hizbullah Ancam Turun Tangan dalam Perang Suriah

Paus Francis Disambut Gegap Gempita di Brasil   Jul 23rd 2013, 08:33

TEMPO.CO, Rio de Janerio - Puluhan ribu orang gegap-gempita turun ke jalan-jalan di Rio de Janerio, Brasil, guna menyambut kedatangan Paus Francis. Pemimpin umat Katolik Roma ini juga tampak suka-cita menyambut kehangatan mereka dari atas mobil yang membawanya.

Pria berusia 76 tahun asal Argentina ini untuk pertama kalinya melakukan perjalanan ke luar negeri sejak menjadi paus pertama asal Amerika Latin. Para penyambut terus mengelilingi kendaraan yang ditumpangi paus untuk membawanya ke kota di Brasil, Senin, 22 Juli 2013, dengan teriakan girang.

Namun demikian, pada kunjungan hari pertamanya itu diwarnai dengan kekerasan ketika polisi membubarkan massa menggunakan gas air mata dan semprotan air berkekuatan tinggi. Massa berunjuk rasa memprotes kenaikan harga usai mereka bertemu dengan Presiden Dilma Rousseff di Istana Gubernur. Dalam insiden tersebut, seorang juru foto tersungkur ke tanah dengan kepala penuh darah.

Kunjungan paus ke negeri berpenduduk Katolik terbesar di dunia ini mendapatkan pengawalan 30 ribu tentara dan polisi. Meskipun begitu, warga masyarakat masih sanggup menghentikan iring-iringan kendaraan paus dan menyentuhnya melalui jendela mobil yang dibuka. Bahkan, paus sempat berjabat tangan dengan mereka dan mencium kening beberapa bayi.

Kedatangan Paus ke Brasil adalah untuk mempromosikan visi kesederhanaan gereja dan menghadiri Hari Pemuda Dunia. Acara yang berlangsung di Brasil selama sepekan ini disesaki tak kurang dari satu juta pemuda Katolik.

Kegirangan massa itu terus berlangsung manakala kendaraan pembawa paus bergerak perlahan melintasi jalanan. Massa berteriak "Hidup Paus!" sambil bernyanyi dan melambai-lambaikan bendera Argentina dan negara lainnya.

Paus, untuk pertama kali berada di dalam sebuah mobil kecil berpintu empat dan jeep terbuka. Dia menyambut gembira massa yang terus menyemut setelah memutuskan meninggalkan kendaraan lapis baja yang mengawalnya di belakang. Keputusan itu membuat terkesima pejabat setempat.

"Saya telah belajar bahwa untuk mendapatkan akses ke rakyat Brasil, perlu hati besar. Jadi, biarlah mereka mengetuk lembut pintu ini," ujar paus di Istana Gubernur. "Saya meminta izin untuk datang ke sini, menghabiskan waktu pekan ini bersama kalian. Saya tak membawa emas atau perak, namun saya membawa sesuatu yang paling berharga yang diberikan kepada saya yaitu Yesus Kristus."

Mengenai sambutan massa yang begitu besar, juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, mengatakan, paus tidak khawatir mengenai massa yang begitu masif dan beliau telah memperingatkan supaya menghindari "pengamanan militer". Namun, beliau pergi ke Istana Gubernur dengan helikopter guna menghindari unjuk rasa yang tengah berlangsung.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Baca juga:

Beredar Video FPI Merusak Toko di Makassar

FPI: SBY yang Harus Menahan Diri

Tifatul Sembiring: Tempo Lebay

Persoalkan Blusukan Jokowi, Ini Maksud FITRA

Bulan Purnama Pengaruhi Kelahiran 'Royal Baby'   Jul 23rd 2013, 08:31

TEMPO.CO, London – Lahirnya royal baby, buah kasih pasangan Kate Middleton dan Pangeran William, dikaitkan dengan mitos kuno tentang bulan purnama. Banyak orang percaya, bulan purnama pada Minggu malam telah memicu kontraksi pertama Kate. Mereka percaya, alam mengendalikan kelahiran seseorang.

»Sebuah teori mengungkapkan, gaya gravitasi bulan memengaruhi cairan embrio di dalam rahim. Ini terjadi seperti halnya air laut yang pasang," tulis Daily Mail, hari ini.

Mervi Jokinen dari Royal College of Midwives mengatakan, banyak bidan akan sibuk pada malam yang diterangi bulan purnama. »Bidan akan berkelakar, 'Ini bulan purnama. Aku akan sibuk,'" ujarnya.

Dia menambahkan, »Sekitar 20 tahun lalu ada peneitian di sebuah rumah sakit di dekat Sungai Thames. Di sini sungai akan mengalami pasang-surut akibat gaya gravitasi bulan. Hasilnya menunjukkan, kelahiran terbanyak terjadi di saat bulan purnama datang."

Beberapa ahli mengatakan, 80 persen tubuh manusia memang terdiri atas air. Namun, hal ini tidak ada pengaruhnya dengan pasang-surut akibat gravitasi kala bulan purnama.

Tidak hanya bulan purnama, badai listrik yang melanda Kensington Palace dipercaya juga memengaruhi kontraksi dalam perut Kate. Sambaran petir diklaim merangsang kelahiran si royal baby.

»Ada tekanan di sekitar bayi di dalam rahim. Ada perubahan suasana, dari tinggi dan tiba-tiba menjadi rendah, saat badai datang. Dan perbedaan tekanan ini persis seperti tekanan yang terjadi saat bayi berkontraksi di dalam rahim," kata Pat Wood, seorang bidan.

Mungkin kedua teori ini hanyalah anekdot atau mitos belaka. Meskipun demikian, kelahiran royal baby telah memberikan kebahagiaan baru di tengah-tengah keluarga Inggris.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Berita populer:

Beredar Video FPI Merusak Toko di Makassar

FPI: SBY yang Harus Menahan Diri

Tifatul Sembiring: Tempo Lebay

Tim Penyelamat Terjang Longsor Selamatkan Korban Gempa China Jul 23rd 2013, 08:07

TRIBUNNEWS.COM, LANZHOU - Tim penyelamat menerjang tanah longsor dan jalan yang tertutup untuk membantu korban gempa bumi di barat laut China, Senin (22/7/2013), waktu setempat.

Menurut Pemerintah China gempa kembar berkekuatan 5,9 dan 5,6 skala Ritcher itu menewaskan 89 orang, melukai hampir 600 orang, dan merusak lebih dari 20 ribu bangunan.

Provinsi Gansu merupakan yang paling terkena dampak gempa. Pemerintah kota Dingxi di Gansu mengatakan 14 orang masih hilang di wilayahnya.

Seorang pejabat di Biro Gempa Provinsi Gansu mengatakan lebih dari 1.200 bangunan runtuh dan 21.000 rusak berat. Juga tercatat terjadi 371 gempa susulan setelah gempa pertama.

Hampir 3.000 petugas pemadam kebakaran, polisi, tentara dan pegawai pemerintah dikirim ke daerah yang terkena dampak.

Presiden China, Xi Jinping telah memerintahkan dilakukan upaya penyelamatan maksimal. (channelnewsasia.com)

Baca Juga:

2.000 Tentara Bantu Korban Gempa China

Presiden China Desak Utamakan Korban Selamat

Korban Tewas Gempa China Menjadi 54 Orang

Polisi Tak Sengaja Bocorkan Pengamanan 'Royal Baby'   Jul 23rd 2013, 08:03

TEMPO.CO, London - Mungkin bukan ide yang baik untuk membacakan memo rahasia dalam sorotan kamera dan disiarkan langsung di televisi. Namun seorang polisi di Inggris tanpa sengaja mengungkapkan catatan briefing terkait pengamananan kelahiran royal baby kepada pers.

Dalam memo itu, penegakan hukum diperintahkan untuk waspada dengan orang banyak yang berkumpul di luar rumah sakit tempat Duchess of Cambridge sedang melahirkan. Seorang fotografer dengan lensa tele menyoroti detil catatan itu.

Memo berjudul Pengarahan Pengamanan Lindo Wing dapat dibaca dengan jelas setelah di-zoom in dengan kamera itu. Di dalamnya juga tertulis rincian detil operasi pengamanan.

Seorang juru bicara Polisi Metropolitan London membantah bahwa tindakan petugas itu menempatkan keamanan royal baby dalam risiko. "Ini tidak mewakili pelanggaran keamanan. Materi yang diumbar media tidak memiliki tanda sebagai materi keamanan yang harus dilindungi," kata juru bicara kepolisian kepada Daily Mail.

Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, dianugerahi seorang putra yang akan menjadi pewaris ketiga tahta Kerajaan Inggris. Bayi bergelar Prince of Cambridge dilahirkan di Lindo Wing Rumah Sakit St Mary's di Paddington pada pukul 04.24 petang waktu setempat dengan berat 3,8 kilogram.

DAILY MAIL | TRIP B

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Baca juga:

Kate Middleton Melahirkan Bayi Laki-Laki

Denada Masih Andalkan Mama

Fitri Tropica, Jago Bahasa Prancis Berkat Google

Mesir Kembali Bergolak   Jul 23rd 2013, 06:48

TEMPO.CO, Kairo - Mesir masih bergolak kendati pemerintahan sementara pimpinan Perdana Menteri el-Hazem Beblawi telah terbentuk, pekan lalu. Presiden sementara Adly Mansour meminta semua pihak melakukan rekonsiliasi tanpa rasa benci dan dengki.

Perkelahian terbuka antara pendukung dan penentang presiden terguling Mohamed Mursi tak terelakkan di tengah kota Kairo dan sebelah utara ibu kota. Mereka saling lempar batu. Menurut sejumlah saksi mata, pasukan keamanan terpaksa membubarkan mereka dengan cara menembakkan gas air mata.

Kendati demikian, kekerasan terus berlanjut. Kerusuhan disulut oleh unjuk rasa kedua belah pihak, penentang dan pendukung Mohmed Mursi yang digulingkan militer pada 3 Juli 2013.

"Dua kelompok pendukung Mursi diserang oleh orang-orang tak dikenal pada pagi dini hari," ujar koresponden Al Jazeera, Rawya Rageh. "Kedua belah pihak melengkapi diri dengan senjata. Mereka saling serang menyusul kekerasan pada Senin, 22 Juli 2013, yang memakan korban jiwa empat orang."

Sumber Al Jazeera menyebutkan, sedikitnya empat orang tewas akibat kekerasan yang diletup oleh aksi saling serang antara dua kelompok pada Senin petang waktu setempat, 22 Juli 2013. "Seorang tewas ditemukan di luar Lapangan Tahrir, sedangkan tiga lainnya di Kota Qalyoub," kata sumber.

Menteri Dalam Negeri Mesir menjelaskan, setidaknya 16 orang cedera ketika terjadi unjuk rasa di dekat Universitas Kairo akibat diserang oleh penduduk setempat.

Dalam insiden tersebut, terjadi aksi saling tembak menggunakan senapan burung, senjata api, dan bom molotov. Guna mencegah korban, polisi melakukan intervensi dengan menembakkan gas air mata. Aksi serupa juga berlangsung di dekat Jalan Salah Salem.

Sehari sebelumnya Adly Mansour meminta kepada semua pihak untuk melakukan rekonsiliasi. "Kami ingin kembali ke sebuah halaman baru di buku negara dengan tanpa kebencian, kedengkian, dan pemisahan (wilayah)," ujarnya.

AL JAZEERA | CHOIRUL

Baca juga:

Beredar Video FPI Merusak Toko di Makassar

FPI: SBY yang Harus Menahan Diri

Tifatul Sembiring: Tempo Lebay

Persoalkan Blusukan Jokowi, Ini Maksud FITRA

Ini Malaikat bagi 'Royal Baby' Kate-William   Jul 23rd 2013, 06:06

TEMPO.CO, London – Kelahiran putra pewaris tahta kerajaan Inggris Senin sore kemarin membuat seluruh warganya terlihat sibuk. Tidak hanya keluarga kerajaan, tim-tim khusus pun diterjunkan untuk membantu prosesi kelahiran sang royal baby. Berikut dua tim sukses yang membantu kelancaran prosesi kelahiran cucu pertama Pangeran Charles, seperti dikutip Daily Mail, Selasa, 23 Juli 2013.

1. Tim Dokter

Dokter bedah pribadi Ratu Inggris, Marcus Setchell, bertanggung jawab penuh atas kelahiran sang royal baby. Kakek berusia 69 tahun ini telah menjadi dokter pribadi Ratu selama lebih dari 20 tahun. Ia telah membantu proses kelahiran anak dari Countess of Wessex, Lady Louise yang kini berusia 9 tahun dan James Viscount Severn yang kini berusia 4 tahun. Ketika Lady Louise lahir, ibunya mengalami kondisi kritis akibat plasenta yang pecah

Setchell dibantu oleh Guy Thorpe-Beeston dan Sunit Godambe. Beeston adalah dokter kandungan profesional yang biasa menangani kehamilan berisiko tinggi. Ia bekerja di Rumah Sakit Portland London. Selama 16 tahun terakhir, ia sudah berpengalaman menjadi konsultan persalinan. Sementara Godambe adalah dokter spesialis bayi baru lahir (neonatologis) dari St. Mary.

2. The Vegas Cop

Pengawal dari Scotland Yard bertugas terus memantau keamanan prosesi kelahiran royal baby. Tim yang dipimpin oleh Bill Renshaw dikenal memiliki pengawalan yang terbaik. Kemarin ia mengorganisir konvoi yang membawa Kate menuju rumah sakit. Ia juga pernah diminta mengawal pangeran ketika mengadakan pesta di suite pribadinya di Hotel Wynn. Saat itu, Pangeran Harry kedapatan tengah berfoto dengan seorang wanita muda kala sedang bermain biliar sambil telanjang.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Berita terkait:

Menanti Kelahiran Bayi Kerajaan Inggris

Bintang 'Royal Baby' Sama dengan Putri Diana

Jadi Kakek, Ini Komentar Pangeran Charles

Bayi Kate-William Calon Raja Berbobot Paling Berat Jul 23rd 2013, 06:05

Laporan Wartawan Surya, Titis Jati Permata

TRIBUNNEWS.COM - Bayi Pangeran William dan Kate Middleton disebut-sebut sebagai calon raja berbobot paling berat yang pernah lahir dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Tengok saja, bayi laki-laki yang belum diberi nama ini lahir dengan bobot 3,8 kg, Senin (22/7/2013) waktu setempat.

Pangeran William sendiri lahir dengan bobot tubuh 3,2 kg tahun 1982 silam. Sedangkan kakeknya, Pangeran Charles lahir dengan berat 3,3 kg tahun 1948.

Ratu Elizabeth lahir melalui proses cesar di sebuah rumah di London pada April 1926. Saat itu ia merupakan pewaris tahta ketiga, namun bobot tubuhnya saat lahir tidak diumumkan.

Rata-rata bayi yang dilahirkan tepat pada waktunya biasanya 3,7 kg, namun kelahiran bayi Kate melebihi waktu perkiraan lahirnya.

Judith Rowbotham, sejarawan sosial dari Universitas Nottingham Trent, mengungkapkan, di masa lalu bobot tubuh anggota keluarga kerajaan tidak pernah diumumkan ke publik.

Namun anggota keluarga kerajaan baru kali ini disebarluaskan untuk publik di seluruh dunia. "Sebelum ini, publik hanya perlu tahu jika bayi yang dilahirkan hidup dan sehat. Di luar itu, tak ada informasi lain," ujar Rowbotham.

Baca Juga:

Dunia Menantikan Penampilan Perdana Putra Pangeran William-Kate Middleton

Berzodiac Cancer, Putra Pangeran William Bakal Jadi Pemimpin Kuat

Obama Ucapkan Selamat atas Kelahiran Bayi Kate Middleton

Demam "Royal Baby" Bisa Genjot Ekonomi Inggris Sampai Rp 3,7 Triliun Jul 23rd 2013, 05:57

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM - Para analis ekonomi memprediksikan demam "Royal Baby" dapat memberi dampak positif bagi perekonomian Inggris.

Menurut prediksi Centre for Retail Research, seperti yang diberitakan The Washington Times, Selasa (22/7/2013), demam "Royal Baby" dapat menyumbangkan pemasukan tambahan untuk perekonomian Inggris sekitar 372 juta dolar AS atau Rp 3,7 triliun.

Angka tersebut berasal dari beberapa sektor, yaitu makanan dan minuman sebesar 133 juta dolar AS, sementara sisanya diperoleh dari penjualan retail dan memorabilia senilai 239 juta dolar AS.

"Makin banyak orang yang tertarik dengan kehidupan keluarga kerajaan,  dan itu akan mendorong perekonomian dalam cara yang beragama. Sangat membantu sekali," ujar Patrick Nicholls, seorang pengamat ekonomi dari London.

"'Kate Effect' sudah terlebih dahulu memengaruhi dunia fashion dengan pakaian pilihannya yang langsung laku terjual di pasaran,"ujar Joshua Bamfield, Direktur Centre for Retail Research.

Joshua menuturkan tren ini akan terus berlanjut seiring masa kembang bayi. Konsumen akan mencoba membeli segala sesuatu yang digunakan pewaris baru tahta kerajaan Inggris itu.  

Kate Middleton (31), melahirkan putranya dengan berat sekitar 3,9 kg, pada pukul 16.24 waktu London di Rumah Sakit St Mary di Paddington, London Barat, Senin Sore.

Baca Juga:

Isap Ganja, 4 Pemuda Ditangkap di Tempat Berbeda

Polisi Bidik Juragan di Kasus Penculikan Riki

Demam "Royal Baby" Bisa Genjot Ekonomi Inggris Sampai Rp 3,7 Triliun

Royal Baby Hadir, Masa Unik Kakek Pangeran Charles   Jul 23rd 2013, 04:39

TEMPO.CO, London - Pangeran Charles akhirnya resmi menjadi seorang kakek bagi cucu laki-laki pertamanya, buah cinta dari anak pertamanya, Pangeran William dan menantunya Kate Middleton. Meskipun belum melihat secara langsung cucunya itu karena tugas ke Yorkshire, Charles mengungkapkan rasa bahagianya menjadi seorang kakek dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh rumah kerajaan Inggris, Clarence House pada Senin, 22 Juli 2013.

Dalam pernyataannya, Charles mengaku kalau ia dan isterinya, Camilla, sangat gembira atas kehadiran cucu laki-laki pertama mereka dan menyebutkan momen kelahiran ini menjadi momen khusus untuk William dan Catherine. "Beberapa bulan terkahir ini banyak orang bilang kepada saya kalau masa-masa menjadi kakek dan nenek merupakan masa yang unik dalam kehidupan  setiap orang. Jadi, saya benar-benar bangga  dan senang menjadi kakek untuk pertama kalinya," ungkap Charles.

Ia bersama isterinya sidah tidak sabar lagi untuk bisa melihat langsung cucu laki-lakinya itu.

Charles dan Camilla berkunjung ke Yorkshire dalam rangka menandai ulang tahun ke-75 Mallard Locomotive. Mantan suami Lady Diana itu menjadi pelindung dalam kepanitiaan ulang tahun lokomotif yang pernah memecahkan rekor kereta tercepat di dunia pada Juli 1938.

HUFFINGTONPOST|HOSPITA

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Baca juga:

Kate Middleton Melahirkan Bayi Laki-Laki

Denada Masih Andalkan Mama

Fitri Tropica, Jago Bahasa Prancis Berkat Google

Dua Orang Istimewa di Balik Kelahiran 'Royal Baby'   Jul 23rd 2013, 04:39

TEMPO.CO, London – Royal baby yang dinanti-nanti akhirnya lahir dengan berat 3,8 kilogram pada Senin sore waktu Inggris. Kelancaran proses persalinan Kate tidak terlepas dari dukungan keluarga kerajaan, warga Inggris, dan bahkan warga dunia. Namun, ada 2 orang sederhana nan luar biasa di balik kelahiran bayi laki-laki yang belum diketahui namanya ini. Kedua orang itu adalah asisten pribadi William dan sekretaris pribadi Kate.

»Miguel Head dan Rebecca Deacon adalah dua orang yang turut sibuk menyiapkan persalinan cucu pertama Pangeran Charles," tulis Daily Mail, hari ini. Mereka berdua terlihat sigap dalam mengatur semua rangkaian acara dan prosesi kelahiran anak The Duke dan Duchess.

Rebecca Deacon, yang merupakan anak seorang pendeta ini, telah bekerja sebagai sekretaris pribadi Kate sejak pertunangannya diumumkan pada tahun 2010. Becca, panggilan akrabnya, ibarat tangan kanan bagi Kate. Wanita berusia 30 tahun ini terlihat selalu mendampingi Kate.

Becca adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia lahir dari pasangan Selina dan Michael. Ayahnya yang seorang mayor tentara telah meninggal pada tahun 1986. Sementara ibunya, kini menjadi pendeta di Gereja St John, di Wiltshire, Inggris.

Perkenalannya dengan keluarga kerajaan dimulai saat ia menjadi asisten produsen dalam acara William and Harry's 2007 Concert For Diana. Ia mendapat pujian dari keluarga kerajaan karena mampu bekerja dengan sangat baik walau penuh tekanan. Dari situ, ia pun diajak untuk bekerja di perusahaan swasta William dan Harry. Barulah ketika pertunangan William diumumkan, ia kemudian didaulat menjadi sekretaris pribadi Kate. Ini merupakan peran paling senior di dalam rumah tangga duchess.

Sementara Miguel Head, asisten pribadi William, telah menjadi jantung penting yang berperan sebagai penasihat dan pembimbing pasangan serasi ini melalui tahap awal kehidupan publik mereka bersama-sama. Walau usianya tak berbeda jauh dengan atasannya, yakni 34 tahun, Head mampu menjalani peran ini dengan sangat baik.

Mig, begitu ia akrab disapa memulai karirnya saat bergabung dengan Departemen Pertahanan di kantor pers pada usia 20-an. Saat itu, ia menjadi penghubung dengan Clarence House ketika Harry pergi berperang di tahun 2007. Tidak hanya mampu bekerja di kantor pers, ia juga mampu menangani kearogansian sang pangeran di medan perang. Atas dedikasinya, ia pun mendapat kepercayaan untuk menjadi asisten pribadi Duke of Cambridge pada tahun 2012.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Berita terkait:

Menanti Kelahiran Bayi Kerajaan Inggris

Bintang 'Royal Baby' Sama dengan Putri Diana

Jadi Kakek, Ini Komentar Pangeran Charles

10 Fakta Tentang 'Royal Baby'   Jul 23rd 2013, 04:08

TEMPO.CO, London -  Kate Middleton, istri Pangeran William, pewaris tahta Kerajaan Inggris, melahirkan anak pertamanya. Istana merilis bayi William dan Kate lahir Senin sore, pukul 16.24 waktu setempat, dengan berat 8 lb 6 oz, setara dengan 3,8 kilogram.

Video: Sambutan untuk bayi kerajaan

 

Baik Kate maupun sang bayi dikabarkan dalam kondisi kesehatan yang baik. "Keduanya masih berada di Rumah Sakit St.Mary's London," kata juru siar Istana Buckingham. Namun, hingga kini bayi itu belum diberi nama.

Berikut 10 fakta tentang bayi yang akan berada dalam urutan ketiga takhta Inggris ini:

1. Royal Bayi akan diberi nama "pada waktunya", menurut sebuah pernyataan yang dirilis hari ini. Jika tradisi masa lalu tetap dipertahankan, ia akan membutuhkan lebih dari satu nama. Pangeran William memiliki empat, William Arthur Philip Louis. Sejarawan dari Generesunited.co.uk memprediksi pangeran baru akan bernama Charles, George, Henry, James, atau Michael.

2. Bobotnya 8 lb 6 oz atau setara 3,8 kg, membuatnya menjadi bayi calon raja terberat dalam 100 tahun menurut sejarawan kerajaan. Mengungkap berat bayi kerajaan adalah fenomena yang relatif baru, diyakini telah dimulai dengan kelahiran Pangeran Charles yang beratnya 7 lb 8 oz (3,4 kg) pada tahun 1948.

3. Ini adalah kelahiran pertama bayi kerajaan yang diumumkan di Twitter. Sulit untuk mengatakan hal ini hampir membuat peran juru siar Istana kelihatan sangat 'ketinggalan zaman'.

4. Catherine Middleton alias Kate dilarikan ke rumah sakit pada pukul 05.30 pagi kemarin waktu Inggris dan diyakini telah mengalami kontraksi selama 11 jam sebelum persalinan. Sama seperti satu dari 20 wanita yang baru melahirkan pertama kali, dia mengalami setidaknya seminggu terlambat dari jadwal seharusnya. Ia melahirkan pada pukul 16.24 waktu setempat.

5. Seperti neneknya, mendiang Putri Diana dari Wales, bintang anak Kate-William adalah Cancer. Bagi yang percaya horoskop, pria Cancer cenderung baik hati, romantis, sensitif, dan pendengar yang baik. Tapi dia juga akan cenderung menjadi pemurung dan menarik diri.

6. Segera setelah menjadi orang tua, Catherine dan William akan menginformasikan berita kelahiran itu pada Ratu sebagai bentuk "sopan santun", sekligus meminta nama. Dalam sejarah, Ratu Victoria bersikeras bahwa cucu pertamanya diberi nama sesuai nama suaminya yang telah meninggal, Albert.

7. Waktu yang dibutuhkan untuk menyusun nama bayi minimal seminggu. Charles dan Diana setidaknya memerlukan waktu tujuh hari untuk mengungkapkan nama William dan sebulan untuk Ratu untuk mengungkapkan nama Charles, berbarengan dengan saat dia dibaptis.

8. Lahir di bulan Juli, artinya dia akan mulai bersekolah ketika usianya genap empat tahun.

9. Tanggal lahirnya, 22 Juli, sama dengan Selena Gomez, Danny Glover, Oscar de la Renta, dan Pangeran Felix dari Denmark.

10. Ekonom Inggris memprediksi Royal Baby akan membawa uang tunai US$ 380 juta saat kelahirannya ke dalam perekonomian Inggris. Sebagian besar datang dari penjualan souvenir dan  makanan selama perayaan rakyat.

NEW.COM.AU | TRIP B

Terhangat:

Front Pembela Islam | Bisnis Yusuf Mansur | Daging Impor

Baca juga:

Kate Middleton Melahirkan Bayi Laki-Laki

Denada Masih Andalkan Mama

Fitri Tropica, Jago Bahasa Prancis Berkat Google

Obama Sambut Kehadirian Royal Baby Jul 23rd 2013, 03:36

Jadi Kakek, Ini Komentar Pangeran Charles Jul 22nd 2013, 23:11

TEMPO.CO, London - "Saya sangat bangga dan bahagia," kata Pangeran Charles menceritakan kegembiraannya menjadi seorang kakek untuk pertama kalinya. Ia tengah berada di York untuk serangkaian kegiatan seremonial resmi.

Meski menyatakan kelahiran cucunya tak mengganggu tugas kerajaannya, ia tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah Duchess of Cambridge melahirkan bayi laki-laki. "Baik saya dan istri saya yang gembira kedatangan cucu pertama saya," katanya. "Ini adalah saat yang sangat khusus untuk William dan Catherine dan kami sangat senang atas kelahiran bayi laki-laki mereka."

Menurutnya, menjadi kakek saat yang unik dalam kehidupan siapapun. "Orang-orang baik yang tak terhitung jumlahnya telah mengatakan kepada saya dalam beberapa bulan terakhir, jadi saya sangat bangga dan senang menjadi kakek untuk pertama kalinya dan kami akan secepatnya menjenguk sang bayi," katanya.

Beda dengan Ratu Elizabeth yang segera menuju London setelah mendengar Kate bersalin, Charles tetap berada di York, lebih dari 200 mil (setara 321,8 km) jauhnya dari tempat cucunya lahir. Hal ini, tulis Daily Mail, menyampaikan pesan pada publik bahwa bahkan drama keluarga yang paling menarik tak bisa menghentikannya melaksanakan tugas Kerajaannya.

Ia tiba di Museum Kereta Api Nasional di York dengan kereta api uap saat ia memulai kunjungan dua hari ke Yorkshire. Pangeran turun dari Royal Carriage menembus kabut uap, untuk tepuk tangan dan sorak-sorai dari hadirin.

Kunjungan ini adalah acara pertama dari tur Yorkshire sang Pangeran, yang akan bergabung dengan istrinya, Duchess of Cornwall, besok ketika ia mengunjungi masyarakat pedesaan sebelum berakhir di kota tepi laut Bridlington.

MAIL ONLINE | TRIP B

YOUR COMMENT